Tidak jelas persis berapa lama alat itu ada di sana, tetapi saklar gaya wingnut baru terlihat pada klem tiga antara garpu depan pada Desmosedici GP19 pada tes MotoGP Sepang minggu ini.
Tidak mengherankan, Ducati tidak akan mengkonfirmasi untuk apa saklar itu, tetapi rumor yang populer adalah bahwa ia mengoperasikan beberapa bentuk 'perangkat holeshot'.
Pada motorcross / supercross, perangkat 'holeshot (first to turn one)' pada dasarnya adalah sejenis klip yang menahan garpu depan dalam posisi semi-kompresi untuk memulai balapan, sehingga membantu mengurangi wheelies dengan memberikan bobot lebih pada depan.
Ketika pengendara mengerem untuk belok, klip melepaskan dan suspensi berfungsi seperti biasa setelahnya.
Jelas bukan ide gila untuk menggunakan sesuatu yang serupa di MotoGP, kepala kru Honda berpengalaman Chris Pike berkicau di twitternya bahwa mereka telah menggunakan perangkat seperti itu di BSB satu dekade lalu:
Sementara di motorcross pengendara atau mekanik harus menekan garpu dengan tangan, dengan sepeda terhenti, sistem holeshot yang digunakan pada pabrik Honda di BSB mengunci garpu turun ketika pengendara mengerem mendekati slot grid-nya (sehingga menekan bagian depan) penangguhan).
Tetapi apakah sebenarnya itu yang dimaksudkan dengan saklar Ducati?
Sakelar ini tentu saja cukup besar untuk dioperasikan oleh pengendara saat mengenakan sarung tangan di atas sepeda dan bersifat mekanis, bukan listrik, yang berarti dapat secara legal mengubah suspensi (perubahan elektronik dilarang):
Aturan MotoGP: Penangguhan dan Peredam
'Suspensi terkontrol listrik / elektronik, ketinggian kendara, dan sistem peredam kemudi tidak diperbolehkan. Penyesuaian pada sistem suspensi dan peredam kemudi hanya dapat dilakukan oleh input manusia manual dan penyetel mekanis / hidrolik. '
Tidak mengherankan, ketiga pembalap GP19 ( Andrea Dovizioso , Danilo Petrucci dan Jack Miller ) tidak akan menjelaskan peralihan teknis mereka ke media, seperti yang diilustrasikan oleh respons Dovizioso - pembalap motorcross yang tajam dan karenanya akrab dengan 'perangkat holeshot' yang normal - ketika ditanyai pada hari Kamis.
Ada perangkat di garpu untuk membantu memulai laju sepedamotor?
"Saya juga mendengar beberapa media mengatakan tentang ini ... Saya tidak tahu apakah itu yang berhasil."
Jadi apa 'pekerjaan' itu?
"Aku tidak tahu ... [Tanyai] para insinyur, mereka tahu!"
Apakah Anda menggunakannya hari ini?
"Iya nih."
Dovizioso akhiri wawancaranya.
Sumber: Crash.Net
0 komentar:
Posting Komentar